Rustic Mason Jar Flowers

Awal mula kepikiran buat Rustic Mason Jar Flowers karna aku suka banget liat liat foto konsep wedding outdor, dengan garden party di dalamnya, pasti ada pajangan jar flower yang lucu lucu buat dekorasinya, kebanyakan di acara wedding pakai bunga hidup. Nah kalo yang bakalan kita buat ini, bunganya dari kain satin yang gakan layu-layu, bukan cuman buat dekorasi wedding aja jar flower juga bisa mempercantik setiap sudut ruang rumahmu . Gimana menarik bukan? yuk siapin alat dan bahan, 

1. Pertama siapkan alat dan bahan yang diperlukan:
    Alat:
   1. Gunting
   2. Tang
   3. Lem tembak
   4. Pensil
   5. Korek/ cricket
   6. Cetakan kelopak bunga dari kertas ukuran dia.4cm, dia.6cm, dan dia.8cm
    Bahan:
   1. Kain Satin (peach/ orange muda)
   2. Kain Tile (peach/ orange muda)
   3. Lilin
   4. Pita 2.5 cm (cream)
   5. Renda
   3. Tali Rami
   4. Kawat 2mm
   5. Isi lem tembak 
   6. Manik-manik mutiara putih
2. Setelah alat dan bahan sudah tersedia, maka kita mulai dengan mempola lapisan kelopak bunga dengan cetakan, di gambarkan di kain satin yang telah dilipat berlapis 4, sehingga dalam satu cetakan ketika di gunting terdapat 4  lapis kain satin.
3. Dalam satu bunga terdapat masing- masing 4 lembar kain satin dia.4cm, dia.6cm, dan dia.8cm dan 4 lembar kain tile dia.8cm, khusus untuk kain tile setelah di gunting bulat sisi lingkaran gunting dibagi 4, gunting sampai ke tengah saja tidak sampai dibagi terputus.
4. Setelah semua pola sudah di gunting maka bakar ujung kain satin dan tile yang sudah dipotong sesuai pola dengan lilin, agar benang tidak terurai kemana mana. Untuk kain satin tengah pada bagian lapisan bunga ikut di dekatkan pada lilin, bertujuan untuk menciptakan kerutan pada lapisan bunga. 
5. Lakukan hingga selesai semua lapisan kelopak bunga.
6. Tempel dengan lem tembak bagian lapisan bunga mulai dari, 4 lembar kain tile, 4 lembar kain satin dia.8cm, 4 lembar kain satin dia.6cm, 4 lembar kain satin dia.4cm, dan terakhir tambahkan mutiara di bagian atas. Bunga pun telah selesai
7. Selanjutnya beralih ke bagian tangkai, kita gunakan kawat 2mm, potong kawat + 20cm dengan tang, lalu dilapisi kawat dengan pita, rekatkan pita dengan lem tembak dengan cara menggulung hingga ujung kawat terlapis dengan sempurna.
8. Bengkokkan bagian atas kawat untuk base penempel antara kawat dengan bunga.
9. Lalu rekatkan perlahan di bagian tengah bawah bunga secara perlahan, tunggu sampai lem mengering.
10. Bunga dan tangkai telah merekat dengan baik.
11. Untuk menghiasi jar, kita gunakan renda yang di lingkarkan pada bagian tengah jar, dan tali rami yang dibentuk seperti pita di bagian leher jar.
12. Masukkan bunga yang telah dibuat sebelumnya ke dalam jar yang telah kita hias. Maka Rustic Mason Jar Flowers telah selesai di buat dan siap menghiasi interior ruang dengan tema rustic.

Oiya untuk lapis kelopak bunga, semakin banyak jumlah kelopaknya maka semakin terlihat mendekati bentuk bunga asli, jadi temen-temen bisa menambahkan jumlah kelopak bunga bila dirasa kurang menyerupai bunga asli. 

Selamat mencoba


Comments